BE A HISTORY MAKER

CBN STORIES

4 Cara Melunasi Hutang yang Perlu Anda Tahu

4 Cara Melunasi Hutang yang Perlu Anda Tahu

Views : 17736 | Mon December 12th, 2016
Masalah hutang masih menjadi persoalan yang dihadapi oleh banyak keluarga. Penyebab hutang sebenarnya sederhana, namun untuk menyelesaikannya butuh usaha yang tidak sederhana. Hutang muncul ketika seseorang membeli barang atau membayar pengeluaran yang melebihi kemampuan finansialnya. Apakah Anda salah satunya yang sedang bergumul bagaimana melunasi hutang? Sebelum semakin menumpuk, ada baiknya Anda menyimak tips melunasi hutang langsung dari pengalaman orang-orang berikut ini.

1     Tetap berpikir jernih, temui orang yang benar untuk mengatasi masalah hutang Anda
Tidak sedikit orang yang berpikir pendek ketika berurusan dengan hutang. Dan ketika mereka mendengar saran dari orang yang salah, masalah mereka bukannya terselesaikan namun justru semakin bertambah. Menemui orang yang tepat seperti perencana keuangan adalah salah satu langkah pertama bagaimana menyelesaikan masalah keuangan Anda. Seorang perencana keuangan atau financial planner bisa memberikan analisa dan saran yang tepat bagaimana merencanakan setiap pengeluaran Anda dengan tetap bisa membayar cicilan hutang satu per satu. Namun, biaya jasa konsultasi yang tinggi perlu dipertimbangkan.  Bapak Arief cukup beruntung menemukan orang yang tepat untuk berkonsultasi secara gratis mengenai masalah keuangannya sehingga dia tidak jadi menjual ginjal demi melunasi hutangnya. Baca kesaksian lengkapnya disini.

2     Hindari hutang dengan bunga mencekik, cari pinjaman lunak dan disiplin mencicilnya
Sebagian besar orang terjebak dalam hutang karena untuk memenuhi gaya hidup. Kesalahan kedua adalah karena mereka berhutang dengan bunga yang tinggi (pinjaman bank, kartu kredit, rentenir dll) sehingga semakin lama bunganya semakin menumpuk. Hutang untuk kebutuhan konsumtif sangat disarankan untuk dihindari. Namun jika tidak bisa, cari alternatif pinjaman lunak dari orang-orang yang terdekat atau orang-orang yang Anda percaya dengan bunga yang lebih ringan (atau bahkan tanpa bunga) dan disiplinkan diri Anda untuk mencicil sesuai jatuh tempo yang Anda janjikan. Jangan sampai menumpuk hingga tujuh tahun seperti Ibu Tari berikut.

3     Menjual aset yang dimiliki untuk melunasi hutang
Apa saja barang yang bisa dijual untuk melunasi hutang? Tergantung besar hutang yang harus dilunasi. Kita bisa jual handphone, laptop, perhiasan, motor hingga rumah. Kalau dijual, nanti kita jadi tidak punya barang-barang ini dong? Ya, untuk sesaat kita akan terlihat tidak punya apa-apa. Tapi ingatlah perasaan lega yang akan kita rasakan ketika kita tidak lagi memiliki hutang. Barang-barang itu bisa dibeli lagi di kemudian hari dengan menabung asalkan kita tidak mulai menimbulkan hutang baru. Pak Bambang menceritakan pengalamannya menjual rumah demi melunasi hutang yang timbul karena usaha yang mulai menurun. (Baca ceritanya disini ?

4     Tetap setia membayar perpuluhan dan menabur
Salah satu hal yang membuat banyak orang ragu-ragu untuk memberikan sepuluh persen dari penghasilan mereka adalah karena tidak siap hidup dengan hanya 90 persen sisanya. Rahasia orang-orang yang bisa lepas dari hutang justru ada disini. Mengapa? Karena Tuhan adalah setia, Dia sendiri yang berjanji akan melimpahkan berkatNya bagi mereka yang setia. Dan tentang menabur, hukum tabur tuai tetap berlaku sejak pertama awal mula bumi diciptakan. Siapa yang bisa menuai tanpa menabur? Jika Anda sudah membaca kisah pak Bambang di poin no 3 di atas, Anda akan menemukan bahwa Tuhan bisa mendatangkan pembeli rumah pak Bambang tepat pada waktunya sehingga rumahnya tidak jadi disita oleh bank. Semua berkat kesetiaan beliau yang tetap menabur meski kondisi finasial keluarganya yang sulit.

Menabur di tengah kelimpahan itu wajar, tapi menabur saat mengalami persoalan keuangan adalah bentuk kepercayaan kita akan pemeliharaan Tuhan. Anda bisa melakukannya di cbn.jawaban.com/donate untuk ikut terlibat dalam pelayanan CBN melalui donasi Anda sebagai Mitra CBN. Banyak orang-orang yang mengalami pergumulan dan masalah hidup bisa ditolong karena donasi Anda turut membantu layanan konseling CBN, Sahabat 24.

Daftar sekarang! Isi form di bawah ini atau SMS ke 081.5965.5960 ketik JC # Nama Lengkap # Email. Mari belajar menabur dan percaya Tuhan sanggup melepaskan kita dari persoalan keuangan!

Tag Keyword :
Share this article :

RELATED ARTICLE

POPULAR ARTICLE

Jalan Keluar Menghadapi Masalah Dalam Pernikahan

GET INVOLVED