BE A HISTORY MAKER

CBN STORIES

Bagaimana Mengenali Pekerjaan atau Usaha yang Anda Sukai?

Bagaimana Mengenali Pekerjaan atau Usaha yang Anda Sukai?

Views : 4102 | Fri December 9th, 2016
''Shalom, saya tidak tahu apa rencana Tuhan di dalam hidup saya. Usaha apapun selalu gagal. Sekarang saya mau membuka usaha lagi tapi tidak punya modal. Apa yang harus saya lakukan? Berdoa dan memohon pun sudah saya lakukan.” Hendra, Tangerang

Demikian kutipan pesan singkat yang dikirimkan Hendra kepada layanan konseling CBN, Sahabat 24 pada bulan September lalu. Pesan ini merupakan ungkapan puncak kesabaran Hendra dalam menjalani usahanya. Sudah 2 tahun lalu semenjak Hendra meminta untuk dikuatkan dalam doa mengenai keputusannya untuk membuka usaha sendiri, masih belum membuahkan hasil. Di sisi lain, kebutuhan rumah tangga yang terus meningkat semakin membuatnya depresi.

Kondisi serupa mungkin juga pernah Anda alami. Tidak hanya ketika Anda hendak membuka usaha tetapi juga ketika Anda menanti sebuah pekerjaan, atau mungkin ketika Anda sudah mendapatkan pekerjaan tapi Anda masih merasa tidak cocok dengan pekerjaan tersebut. Pernahkah Anda melakukan introspeksi diri? Mungkin saja akar permasalahan dari apa yang Anda alami saat ini adalah karena Anda kurang menyukai dan mencintai pekerjaan Anda. Steve Jobs, seorang pengusaha besar pernah berkata, “Satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan hebat adalah dengan mencintai apa yang Anda lakukan.”

  Lalu, bagaimana caranya untuk menyukai usaha dan pekerjaan Anda?

1 Usaha dan pekerjaan Anda harus sesuai dengan nilai-nilai kebaikan dan kebenaran yang Anda pegang.
Jangan sampai Anda berusaha atau bekerja pada bidang yang membuat Anda harus berperang dengan nilai-nilai yang Anda pegang. Entah membuat Anda harus melepas nilai-nilai yang Anda pegang, atau untuk berkompromi dengan nilai-nilai yang Anda pegang. Inilah hal yang sangat berbahaya. Saat orang berkompromi, ia tidak akan sadar sudah seberapa jauh ia menyimpang. Biasanya mulai dari satu dua hal kecil, kemudian bertambah satu dua hal kecil lainnya, terus demikian sampai akhirnya ketika tersadar sudah begitu jauh penyimpangan yang terjadi. Kisah Tyo berikut  menggambarkan bahayanya berkompromi dengan nilai-nilai yang sudah Anda pegang sebelumnya.

''Hai kamu, orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah? Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah.” Yakobus 4:4

2 Berhikmatlah. Kenali bakat, kepribadian, pembawaan alami, dan kemampuan Anda.
Untuk bisa menyukai usaha dan pekerjaan Anda, akan semakin mudah Anda lakukan jika bakat, kepribadian, pembawaan alami, dan kemampuan Anda selaras dengan usaha dan pekerjaan Anda. Memang pengetahuan dan kemampuan untuk suatu usaha dan pekerjaan itu bisa dipelajari, namun akan lebih mudah bila memang bakat, kepribadian, pembawaan alami, dan kemampuan Anda sudah mendukung hal itu. Ingat, lebih baik kerja cerdas daripada kerja keras. Sudahkah Anda mengenali bakat Anda? (Baca juga:   Mengembangkan kemampuan otak Anak

''Ketahuilah, demikian hikmat untuk jiwamu: Jika engkau mendapatnya, maka ada masa depan, dan harapanmu tidak akan hilang.” Amsal 24:14.

3 Bersukacita, bersyukur, dan tidak banyak mengeluh.
Ya walaupun usaha sedang lesu atau pekerjaan tidak ada habisnya, Anda dapat memilih untuk bersukacita, bersyukur, dan tidak banyak mengeluh. Jika Anda memilih hal tersebut, Anda akan mendapati diri Anda lebih menyukai usaha dan pekerjaan Anda, dan Anda akan lebih menyukai diri Anda.

''Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah! Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang. Tuhan sudah dekat! Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.” Filipi 4:7:

Ingat ada kuasa dalam perkataan (Baca juga: Ada Kuasa Dalam Perkataan ?  Ada kuasa dalam perkataan Jadi kalau Anda terus memaki dan berkeluh kesah berkaitan dengan bisnis dan pekerjaan Anda, ya terjadilah sesuai perkataan Anda!

4 Ingat prioritas Anda!
Untuk bisa menyukai bisnis dan pekerjaan Anda, Anda harus tahu prioritas yang benar. Tanpa itu, Anda tidak akan sukses. Ya, mungkin di satu sisi Anda sukses, tapi di sisi lain Anda gagal. Ini bukan sukses namanya. Sukses sejati bersifat integral, menyeluruh; sedangkan sukses semu bersifat parsial, sebagian.

''Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu.” Markus 12:30

''Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini.” Markus 12:31


Jika Anda terlalu mencintai usaha dan pekerjaan Anda, tapi Anda menelantarkan Tuhan dan keluarga Anda, ini akan mengantarkan Anda pada kehancuran. Jadi hati-hati! Ingat prioritas Anda! Saat Anda mencintai usaha dan pekerjaan Anda dalam porsi yang tepat, itulah saatnya Anda dapat menggapai sukses. (Sumber: Angela @Blessing Line)

Selain keempat tips di atas, hal penting lain yang perlu Anda perhatikan adalah ketika Anda merasa stress ataupun depresi, berbagilah rasa depresi tersebut dengan bercerita kepada orang yang Anda percayakan agar Anda menjadi lebih percaya diri kembali. Bersyukur setelah berbagi keluh kesah dengan Sahabat 24, Hendra mendapat berkat berkali-kali lipat seperti yang disampaikannya melalui pesan berikut ini.

''Shalom, bersyukur saya diterima bekerja di negeri jiran. Terima kasih atas bantuan Sahabat 24 selama ini yang selalu mendukung saya dalam doa. Tolong tetap doakan saya karena saya akan segera berangkat ke Malaysia untuk bekerja semoga Tuhan membuat saya berhasil disana.”

Sebagai satu-satunya pelayanan rohani yang siap sedia mendengarkan keluh kesah dari siapapun, kapanpun, dan dimanapun, Sahabat 24 berkomitmen untuk bisa menjadi Sahabat yang sedia selama 24 jam penuh sehingga akan banyak orang yang merasa dikuatkan, diberi penghiburan, dan turut merasakan sukacita yang sama seperti Hendra. Sudahkah Anda turut terlibat untuk mengubahkan hidup banyak orang? Bergabunglah berdonasi bersama kami melalui Mitra CBN. Tuliskan data diri Anda melalui form di bawah ini atau SMS ke 081.5965.5960 ketik JC # Nama Lengkap # Email. Pastikan Anda melakukan konfirmasi kepada kami setelah donasi Anda dikirim dan dapatkan hadiah menarik untuk Anda sebagai bentuk apresiasi dari kami.
Tag Keyword :
Share this article :

MONTHLY DONATION

ONE TIME DONATION

RELATED ARTICLE

POPULAR ARTICLE

Jalan Keluar Menghadapi Masalah Dalam Pernikahan

GET INVOLVED