BE A HISTORY MAKER

CBN STORIES

Reksadana: Pilihan Investasi Anak Muda

Reksadana: Pilihan Investasi Anak Muda

Views : 6861 | Tue February 24th, 2015
Kesadaran  masyarakat akan pentingnya investasi kian hari kian meningkat. Namun masih banyak kalangan anak muda yang masih belum mulai menginvestasikan uang mereka lantaran belum punya pendapatan tetap atau penghasilan masih kecil. Sebagian lagi masih asyik dengan gaya hidup konsumtif sehingga tidak ada alokasi untuk investasi. Padahal investasi sangat penting dimulai sejak dini.

Ada banyak jenis investasi yang bisa dicoba, namun untuk tahap awal tentunya harus dipilih investasi dengan resiko rendah namun tetap menguntungkan. Seorang pakar keuangan dan bisnis, Juhono S. Sudirgo menjelaskan bahwa saham adalah salah satu instrumen investasi yang memberi keuntungan yang cukup tinggi. Namun untuk terjun dalam dunia jual beli saham sebagai investasi tentunya diperlukan pengetahuan dan skill yang cukup agar tidak mengalami kerugian yang fatal. Jalan tengahnya adalah anak-anak muda bisa memulai dengan reksadana. Reksadana adalah  instrument investasi  yang dikelola oleh Manajer Investasi ke dalam portofolio investasi, baik berupa saham, obligasi, pasar uang ataupun efek/sekuritas lainnya. (Sumber: Wikipedia) Reksadana memberikan return lebih tinggi daripada investasi untuk pemula lainnya seperti tabungan berjangka, karena terdiri dari beberapa saham dan dikelola oleh manajer investasi yang sudah professional.

Jumlah yang perlu diinvestasikan juga tidak besar, cukup dengan Rp 100.000 kita sudah bisa membuka akun reksadana. Jumlah ini tentunya relatif ringan jika dibandingkan dengan pengeluaran untuk gaya hidup setiap bulan. Juhono juga menambahkan bahwa jika anak-anak muda memutuskan berinvestasi di reksadana, jangan hanya mempercayakan kepada manajer investasi yang akan mengelola investasi kita. “Terjun langsung, pelajari reportnya, bagaimana pergerakannya. Belajar dari manajer investasi ,saham apa yang sedang bagus dan lain sebagainya. Selain dapat hasil investasi, Anda dapat ilmu juga.  Jadi learning by doing, sehingga nanti bisa mengelola investasi sendiri,” jelas pria yang pernah mengisi acara Financial Planning-Mitra CBN Fellowship tahun lalu ini. (Baca liputannya disini).

Pengelolaan keuangan yang baik diimbangi dengan belajar menginvestasikan kekayaan perlu dimulai dari sekarang. Bagi Anda yang belum memulai berinvestasi, jangan khawatir. Tidak ada kata terlambat.  Selain memilih jenis investasi yang tepat, Anda juga perlu melihat tempat yang tepat untuk berinvestasi.

Berinvestasi dengan donasi Anda setiap bulan ke pelayanan media CBN yang efektif menjangkau jiwa-jiwa adalah langkah yang tepat. Mari bergabung dengan ribuan Mitra CBN lainnya yang dengan setia mengirimkan donasi mereka agar pelayanan CBN terus ada dan membawa kasih Kristus kepada mereka yang belum mengenalnya. (Simak kesaksian salah satu Mitra CBN disini)

Daftar sekarang juga dengan mengisi form di bawah ini, jangan lupa konfirmasikan donasi Anda karena ada gift special yang akan kami kirimkan kepada Anda yang baru pertama bergbaung bulan ini. Tuhan Memberkati!

Tag Keyword :
Share this article :

MONTHLY DONATION

ONE TIME DONATION

RELATED ARTICLE

POPULAR ARTICLE

Ibadah Sekolah Minggu Online yang Menyenangkan

GET INVOLVED