BE A HISTORY MAKER

CBN STORIES

7 Cara Lindungi Anak dari Kejahatan Online

7 Cara Lindungi Anak dari Kejahatan Online

Views : 3149 | Mon December 7th, 2015
Sebagai sebuah pelayanan yang bergerak di bidang media televisi dan online, CBN terus berkomitmen menjangkau generasi digital dan membawa mereka kepada kebenaran Firman Tuhan, termasuk melindungi mereka dari arus media yang bersifat negatif. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan mengedukasi para orang tua terhadap berbagai kemungkinan yang terjadi terkait dengan bahaya media, yang bahkan bisa menjurus pada kejahatan online.

Salah satunya dengan menyediakan media tanya jawab di Garis Depan, buletin yang diterima para Mitra CBN setiap bulannya. Dalam rubrik ini, pertanyaan Mitra seputar pengaruh internet dan sosial media terhadap perkembangan anak dijawab oleh psikolog anak dan keluarga Elizabeth T. Santosa M.Psi. Tidak hanya dijawab oleh ahlinya, pertanyaan Mitra yang terpilih akan dimuat dalam buletin dan Mitra tersebut akan mendapatkan buku ‘Raising Children In Digital Era’ karya Elizabeth. Seperti pertanyaan berikut ini yang diajukan oleh Vina, Mitra CBN yang berasal dari Jawa Barat.

Tanya
"Apa yang harus dilakukan orang tua untuk mengantisipasi kejahatan online seperti penculikan, pornografi dan pengaruh buruk konten video di Youtube?”

Jawab
Beberapa hal yang dapat dilakukan orang tua adalah sebagai berikut:
  1. Mengaktifkan sistem 'parental control’ yang terdapat pada aplikasi youtube pada gadget
  2. Menelusuri secara berkala sejarah (history) video youtube yang telah ditonton anak
  3. Meminta anak menggunakan gadget di tempat terbuka seperti ruang keluarga. Tidak di dalam kamar sendirian dan mengunci pintu.
  4. Penggunaan social media (facebook, path, instagram, twitter) TIDAK diperuntukan anak usia dibawah tiga belas tahun
  5. Orangtua menemani anak dan berdiskusi mengenai tontonan youtube yang ditonton anak.Pendidikan media literasi terhadap anak (Do & Don’t ) dalam menggunakan media sosial. Contohnya mengaktifkan pengaturan “privacy” dalam Facebook.
  6. Aturan main. Perlunya aturan main yang disepakati oleh orangtua dan anak saat menggunakan gadget. Misalnya kesepakatan konten video yang tidak diijinkan untuk ditonton, atau kesepakatan orangtua dan anak berteman dalam sosial media yang sama.

Bagi para Mitra CBN yang masih punya pertanyaan seputar media dan anak, sekaligus ingin mendapatkan buku ‘Raising Children In Digital Era’, jangan khawatir. Kami masih membuka kesempatan bagi Anda. Silahkan email sekarang juga ke [email protected] dengan subject ASK ELIZABETH. Siapa tahu Andalah yang terpilih mendapatkan buku tersebut.

Nah bagaimana dengan Anda yang belum menjadi Mitra CBN? Silahkan daftarkan diri Anda terlebih dahulu menjadi Mitra CBN, dengan mengisi form yang tersedia dibawah ini atau mengirimkan SMS ke nomor 081.5965.5960, ketik JC # Nama Lengkap # Email.

Apa itu Mitra CBN? Temukan info lengkapnya disini
Info lengkap tentang Pelayanan CBN klik disini

Tag Keyword :
Share this article :

MONTHLY DONATION

ONE TIME DONATION

RELATED ARTICLE

POPULAR ARTICLE

Pengampunan Tak Pernah Terlambat

GET INVOLVED