BE A HISTORY MAKER

CBN STORIES

Tips Me’ramping’kan Pengeluaran Bulanan

Tips Me’ramping’kan Pengeluaran Bulanan

Views : 7633 | Thu October 2nd, 2014
Masalah keuangan adalah salah satu masalah yang harus dihadapai hampir semua keluarga dan bahkan bagi mereka yang masih lajang dan untuk mereka yang tidak memiliki kemampuan untuk mengelola keuangan. Berbagai tips dari pakar keuangan tidak bisa dengan mudah diterapkan sehingga masih banyak yang bergumul dengan masalah ini. Salah satu tips keuangan sederhana yang mudah diterapkan pernah diberikan dalam salah satu segmen Solusi Life oleh Paulus Bambang, dan bisa Anda lihat disini.

Prinsip dasarnya adalah jika pengeluaran lebih sedikit dari pendapatan, artinya kita bisa menabung. Sebaliknya, jika pengeluaran lebih banyak dari pendapatan artinya kita berhutang. Agar tidak berhutang, ada pos-pos pengeluaran yang harus dikurangi sehingga budget pengeluaran bisa lebih ‘ramping’. Nah, muncul pertanyaan baru. Bagaimana cara merampingkan budget jika sepertinya semua pos pengeluaran tidak ada yang bisa dikurangi?
Seorang blogger keuangan keluarga, Crystal Paine mendapatkan pertanyaan tersebut dari pembacanya dan ia menjawabnya dengan dua tips ini:

1.  Fokus dengan yang  Anda kerjakan

Kita tidak bisa mengubah kondisi keuangan kita dalam satu malam, tetapi tetaplah fokus mengerjakan segala usaha Anda untuk mendapatkan uang. Ini akan memberi semangat dan motivasi kepada diri Anda sendiri. Berkeluh kesah atau menyerah tidak akan membawa Anda kemanapun, dan justru membuat Anda merasa stuck dan seperti tidak bisa berbuat apa-apa.
Tetaplah berbesar hati. Ada banyak orang di luar sana sedang  berada dalam kondisi yang lebih berat  dari masalah keuangan Anda saat ini. Berapapun besar hutang Anda sekarang, masih banyak orang yang memiliki kondisi keuangan yang lebih sulit dari Anda. Mereka mau menukar apapun untuk bisa berada di posisi Anda daripada melunasi hutang mereka yang jumlahnya mungkin ratusan kali lipat dari hutang Anda. Jadi tetaplah berbesar hati dan selalu bersyukur.

2. Temukan Cara Baru Untuk Menambah Pendapatan, dan lakukan dengan tekun

Pendapatan yang lebih besar akan membawa Anda keluar dari masalah keuangan lebih cepat. Ketika suami saya masih menyelesaikan pendidikan hukumnya, kami memutuskan untuk menutup semua hutang-hutang kami dan saya sangat ingin menjadi ibu rumah tangga saja. Saya mulai riset dan mencari berbagai cara untuk mewujudkan keinginan saya. Awalnya sungguh tidak mudah. Saya bekerja berjam-jam lebih lama dari biasanya dan hasilnya tidak sebanding dengan waktu dan usaha yang saya korbankan. Namun semuanya terbayar ketika saya memulai blog ini dan menghasilkan cukup uang untuk saya bisa bekerja dari rumah.

Ada banyak cara untuk menghasilkan tambahan pendapatan. Mengisi survey online, membagikan brosur, dan banyak pekerjaan sambilan lainnya. Mulailah bertanya dan mencari. Semua usaha ini tidak bisa mengubah keadaan dalam sekejap, namun percayalah jika Anda tekun, Anda akan menemukan cara untuk menambah pendapatan Anda. Ketika Anda sudah berhasil keluar dari masalah keuangan, saatnya untuk menjadi berkat bagi orang lain dengan Anda menjadi Mitra CBN. The more you give, the more you receive. Ini adalah prinsip Alkitab yang masih belum dimengerti oleh sebagian banyak orang. Hanya satu cara untuk mengerti, yaitu dengan mengalaminya sendiri. Jadilah Mitra CBN dengan mengisi form di bawah artikel ini dan mengirimkan donasi Anda. Dapatkan juga tips-tips yang menarik dan praktikal dari Certified Financial Planner, Ir. Juhono S. Sudirgo dalam acara Mitra CBN Fellowship bulan Oktober. Cek tempat dan waktunya disini.


Tag Keyword :
Share this article :

MONTHLY DONATION

ONE TIME DONATION

RELATED ARTICLE

POPULAR ARTICLE

Terus Berkarya Bagi Kemuliaan-Nya

GET INVOLVED