BE A HISTORY MAKER

CBN STORIES

Akibat Tidak Merasakan Kasih Sayang Orang Tua

Akibat Tidak Merasakan Kasih Sayang Orang Tua

Views : 4823 | Fri September 1st, 2017
“Sehebat apapun sebagai orangtua, pada kenyataanya hanya berpengaruh kecil pada karakter anak.”
Seperti itulah kurang lebih kesimpulan yang dinyatakan oleh seorang pakar neurobiologi asal Inggris pada satu artikel. Pendapat ini sebenarnya tidak sepenuhnya salah. Faktanya, orang tua mendapatkan kesempatan untuk mendidik, membimbing, dan menanamkan karakter baik pada anak secara efektif hanya selama 17-18 tahun atau setara dengan usia pendidikan SMA. Sesudahnya, karakter anak akan terbentuk melalui pengalaman atau faktor lingkungan. Itulah sebabnya, terkadang kita melihat ada seorang anak yang memiliki karakter sangat berbeda dengan orang tua, walaupun si anak membawa genetik baik dari orang tuanya. Hubungan yang buruk dengan orangtua menyebabkan anak menjadi tertutup dan berkepribadian ‘kering’. Benarkah pernyataan ini? Mari mencari tahu lewat kesaksian Rin di bawah ini.

“Sejak usia 3 bulan, sudah ditinggalkan oleh papa karena ada masalah dalam keluarga dan pada saat usia 4 tahun mama juga ikut pergi. Akhirnya, Rin tinggal dengan oma.” Ujar Rin dengan lugu. Mama Rin ternyata menikah lagi dengan laki-laki lain, yang membuat dirinya merasa kecewa dengan keputusan mamanya. Pada usia tersebut, Rin sendiri sudah bisa mengingat sosok seorang mama yang melahirkan dia walaupun ia sudah berada dalam asuhan neneknya. “Saat kelas 1 SD, Rin mendapatkan informasi dari tetangga kalau sebenarnya mama dan papa masih hidup. Bahkan saat pertama kali bertemu dengan mama, Rin bertanya pada oma tentang mama. Tapi, oma bilang tidak boleh bertemu lagi dengan mama. Saat kelas 3 SD, Rin juga bertemu dengan papa. Lalu Rin menyatakan hal yang sama tentang papa pada oma, jawaban yang didapat juga sama. Intinya, keluarga tidak setuju kalau Rin berhubungan lagi dengan orang tua kandung.” Hal inilah yang membuat Rin bingung dan semakin stres.

Sampai akhirnya, dia tumbuh tanpa didikan dan perhatian dari orang tua kandung serta hidup jauh dari Tuhan. Memasuki usia 18 tahun, tepatnya di kelas 3 SMP, Rin jatuh dalam dunia perdukunan karena dia ingin mendapatkan semua yang dia inginkan. Faktor teman, sudah pasti menjadi penyebab utamanya. Karena ajakan teman-temannya, Rin mengaku sudah melakukan banyak kejahatan, seks bebas, penipuan, mencuri, dan banyak lagi. Tujuannya hanya satu, keluar dari pikiran dan kondisi stres di kepalanya. Pernah satu kali Rin alami sakit keras, bahkan hampir meninggal. Ia menyadari kalau sakitnya itu akibat kesalahannya berhubungan dengan dunia perdukunan yang meminta tumbal dari nyawa orang. Namun, karena Rin tidak melakukan perintah itu akhirnya ia jatuh sakit. Pada kondisi inilah, Rin meminta pertolongan Tuhan.

“Melalui tayangan Solusi di SCTV, Rin ingin bertobat dan rindu didoakan oleh Sahabat 24. Mereka yang memberikan motivasi kepada Rin untuk meninggalkan dosa-dosa dan memulai hidup yang baru.” Ujar Rin sembari mengingat masa itu. Setelah melalui proses yang panjang, Rin pun bisa mengampuni kedua orang tuanya dan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan. “Di beberapa kesempatan, Rin juga telah dipertemukan dengan orang tua kandung Rin. Orang tua Rin sendiri yang mengatakan bahwa apa yang dialami oleh Rin selama ini adalah karena kesalahan mereka. Pada saat itulah hubungan kami dipulihkan melalui pengampunan.” Demikian pengakuan Rin mengakhiri kesaksiannya.

Kisah hidup Rin yang terkesan ‘semrawut’ atau berantakan, juga terjadi pada banyak anak di bangsa ini. Dampaknya baru terlihat ketika mereka mulai beranjak dewasa, yaitu ketika mereka sedang mencari jati diri. Jika sudah terlanjur kecewa, sakit hati, bahkan terjerumus ke dalam lingkungan yang tidak baik seperti Rin, apa yang dapat Anda lakukan? Mari menolong mereka. Anda bisa membantu mereka keluar dari permasalahan tersebut melalui Berita Keselamatan. Jadilah Mitra CBN dan Anda tidak perlu melakukan penginjilan secara langsung, atau menjadi seorang misionaris. Daftarkan diri Anda sebagai Mitra CBN melalui formulir di bawah artikel ini atau SMS ke 081.5965.5960 dengan ketik JC # Nama Lengkap # Email. Dengan menjadi Mitra CBN, Anda telah berkontribusi terhadap pelayanan kami dalam memberitakan Kabar Keselamatan melalui program-program seperti Solusi dan Sahabat 24. Setelah mendaftar, jangan lupa untuk mengkonfirmasikan donasi perdana Anda karena sebuah thank you gift  telah kami siapkan untuk Anda. Tuhan memberkati.
Tag Keyword :
Share this article :

RELATED ARTICLE

POPULAR ARTICLE

Saksikan Wajah Baru Solusi!

GET INVOLVED