BE A HISTORY MAKER

CBN STORIES

Menghukum Sang Predator Seksual Bukan Solusi

Menghukum Sang Predator Seksual Bukan Solusi

Views : 2701 | Mon August 18th, 2014

Masih hangat di telinga kita pemberitaan tentang pelecehan seksual yang terjadi di sebuah sekolah di Jakarta dan di beberapa daerah di Indonesia. Menurut data kekerasan anak yang dimiliki oleh Komisi Nasional Perlindungan Anak, terdapat  239 kasus kekerasan anak yang terjadi  di tahun 2014, dan 42% nya adalah kasus kekerasan seksual. Mengapa anak menjadi sasaran yang begitu empuk bagi para pelaku kekerasan ini?

Pakar dan pemerhati anak, Elizabeth Santosa menuturkan bahwa anak-anak mudah dimanipulasi dan memiliki kemampuan kognitif dan emosional yang terbatas sehingga mudah menjadi korban. Di sisi lain para pedophilia ini adalah mereka yang mengalami  gangguan mental dengan tertarik kepada anak-anak di bawah 15 tahun. Biasanya mereka sendiri merupakan korban kekerasan seksual di masa kanak-kanak mereka.

“Menurut saya, kita bisa lakukan banyak cara untuk mengatasi kasus-kasus pelecehan seksual anak ini. Kita bisa tutup sekolah yang terindikasi ada tindak kekerasan seksual. Atau menghukum berat para predator seksual. Tapi, ini bukan solusi preventif. Orang tua dan para guru harus melengkapi anak-anak kita dengan pendidikan seks sejak dini sesuai usia mereka. Supaya anak tahu apa yang harus dilakukan ketika dia berhadapan dengan situasi yang membahayakan,” jelas Elizabeth.

Pendidikan parenting yang benar adalah bukan hanya melindungi anak dari predator, tapi juga dari media dan teknologi. Karena tentu kita berharap anak-anak kita tidak menjadi korban, tapi juga tidak menjadi pelaku. Berangkat dari minimnya informasi tentang parenting yang benar ini, CBN menyelenggarakan Superbook Parenting Seminar: KIDS,SEX and MEDIA, Raising Kids in a Digital World. Setelah sukses digelar di Jakarta dan Surabaya, acara ini juga akan hadir di kota Makassar pada hari Jumat 22 Agustus 2014. Bagi Anda yang tinggal di kota yang dijuluki Angin Mampiri ini, kami mengundang Anda untuk hadir untuk diperlengkapi sebagai orang tua, guru, gembala atau siapapun yang memiliki hati untuk generasi anak Indonesia. Info pendaftaran silahkan email [email protected]

Anda juga bisa mendukung Superbook sebagai tayangan positif bagi anak-anak Indonesia. Membawa mereka mencintai Firman Tuhan lewat film animasi yang seru. Caranya? Jadilah Mitra CBN. Dukungan donasi Anda akan membawa Superbook menjadi alat yang efektif dalam memperlengkapi generasi yang akan datang. Ada gift menarik bagi Anda yang bergabung di bulan ini. Apa lagi yang Anda tunggu? Mari bergabung menjadi Mitra CBN.

Tag Keyword :
Share this article :

RELATED ARTICLE

POPULAR ARTICLE

Saksikan Wajah Baru Solusi!

GET INVOLVED