BE A HISTORY MAKER

CBN STORIES

Ada Apa Dengan Anak Dan Remaja Di Usia 4-14 Tahun?

Ada Apa Dengan Anak Dan Remaja Di Usia 4-14 Tahun?

Views : 4855 | Wed June 12th, 2013

 Masa anak-anak dan remaja adalah masa transisi yang akan dilewati setiap orang sebelum menginjak usia dewasa. Ada perubahan besar yang terjadi dalam segi fisik, emotional, dan intelektual. Dalam masa inilah orang tua perlu belajar bagaimana memahami mereka sehingga bisa menaruh nilai-nilai penting yang akan menentukan masa depan mereka kelak.

Ironisnya banyak orang tua yang kehilangan momen penting ini, khususnya masa dimana mereka berusia 4-14 tahun. Derasnya arus media lebih mendidik mereka daripada orang tua mereka sendiri. Padahal anak-anak punya potensi besar di usia emas tersebut. Inilah yang melahirkan gerakan Jendela 4/14 yang digagas oleh Luis Bush.

Tahun 2009 para pemimpin gereja dari berbagai negara berkumpul dalam Konferensi Tingkat Tinggi Jendela 4/14 di New York, bersama-sama membuka hati dan mata kepada lebih dari 1,2 miliar anak dan remaja berusia 4-14 tahun. “Visi dan harapan kami adalah untuk memaksimalkan potensi yang ada pada anak-anak dan remaja ini, selagi mereka masih muda sekaligus menggerakkan mereka untuk melanjutkan impact yang lebih besar sepanjang hidup mereka”, demikian ditulis oleh Luis.

Harapan dan tantangan ini dapat diwujudkan, jika kita mengerti benar apa yang selama ini menarik perhatian terbesar dari generasi ini. Pendekatan terhadap anak membutuhkan pengetahuan tentang sifat alamiah mereka. Berbekal pemahaman inilah, kita akan mampu menjangkau mereka, membentuk sebuah generasi yang akan membawa transformasi dunia.

Agar dapat memaksimalkan potensi anak-anak pada usia tersebut, kita harus mengerti sisi spiritual, mental, fisik, relasi, kondisi ekonomi serta lingkungan sosial mereka. Kita juga tidak boleh lupa bahwa sebagian besar dari mereka, mempunyai kesempatan yang terbatas untuk mengaktualisasikan bakat dan karunia mereka. Kesempatan yang luas perlu diberikan kepada anak-anak, bahkan kesempatan mereka untuk melayani di gereja. Tujuannya tentu saja agar mereka dapat menggunakan potensi yang sudah ada untuk Tuhan.

Dituliskan Rasul Paulus dalam Roma 12:1-2, transformasi atau perubahan bisa  terjadi ketika ada pembaharuan pola pikir sedemikian hingga kita bisa menemukan kehendak Allah. Gereja sebagai tubuh Kristus seharusnya melihat tubuh Kristus secara luas, termasuk generasi anak dan remaja usia 4-14 tahun,

Gereja adalah agen transformasi di bawah kepemimpinan Kristus. Setiap pengikut Kristus dalam tiap komunitas dan bangsa, bahkan anak-anak dan remaja terpanggil untuk terlibat dalam misi ini. Kiranya Tuhan memperbaharui pemikiran kita melalui Firman Tuhan dan visi memenangkan anak dan remaja ini. Saya mengajak Anda untuk saling bergandengan tangan dan berkomitmen menggenapi visi ini, sehingga kita sebagai rekan kerja Allah bisa menjadi agen perubahan dunia hanya untuk kemuliaanNya.

Entah Anda seorang ayah, ibu, om, tante, kakak, guru atau bahkan gembala, pastikan Anda menangkap hati Tuhan bagi generasi ini dan berhenti mengabaikan mereka. Anda bisa lakukan sesuatu. Salah satunya adalah terlibat dalam pelayanan media CBN. Dukung kami dengan menjadi mitra CBN, melalui donasi Anda setiap bulan, program-program positif terus diproduksi.

 





Sumber: Luis Bush (Direktur Internasional Gerakan AD2000 & Beyond, Pelayan Katalis dalam Gerakan God’s mission of transformation dan Fasilitator Internasional Gerakan Jendela 4/14.)


Tag Keyword :
Share this article :

RELATED ARTICLE

POPULAR ARTICLE

Saksikan Wajah Baru Solusi!

GET INVOLVED