BE A HISTORY MAKER

CBN STORIES

Fear? No More!

Fear? No More!

Views : 2244 | Mon May 22nd, 2017

Rasa takut bukan lagi hal baru dalam hidup manusia. Mulai dari rasa takut yang sebenarnya tidak perlu, seperti takut hantu, takut ketinggian, takut serangga, takut akan ancaman dari orang jahat, takut goa, takut gelap, takut tidak punya pasangan, takut akan keadaan cuaca yang buruk, bencana alam, bahkan kita pun takut akan jaminan masa depan. Ada juga orang yang merasa takut walau punya harta yang banyak, seperti takut kehilangan harta, takut pencuri dan takut-takut lainnya. Rasa takut sulit pudar karena akan muncul lagi rasa takut lainnya dan ini tidak akan pernah selesai.

Padahal, ketakutan yang kita rasakan belum tentu semuanya terbukti dan terjadi. Ini berbahaya sekali jika dibiarkan, sebab kita seperti mengimani rasa takut kita sebagai dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. Tidak ada orang yang mau hidupnya dipenuhi oleh rasa takut. Tapi pada kenyataannya, tidak sedikit yang mengundang atau membiarkan dirinya dibuat tidak bisa tidur, takut ke kamar mandi, mudah terkejut, atau tidak bisa tidur sendiri karena takut sudah menguasai alam bawah sadarnya.

Fakta menarik dari sebuah penelitian, ternyata ada 365 kata ‘Jangan Takut!’ yang tertulis dalam Kitab Suci. Sedangkan jika dihubungkan, bukankah dalam 1 tahun juga ada 365 hari? Artinya, kita memang harus bisa menguasai ketakutan dan bukan dikuasai oleh rasa takut kita hari lepas hari. Ada banyak cara praktis untuk mengatasi rasa takut, cemas, phobia, dan kawanannya, yaitu dengan tidur dan olah raga yang cukup, pola makan yang sehat, melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti berekreasi ke tempat-tempat yang menenangkan. Namun, itu semua tidaklah cukup karena ketenangan sejati hanya ada dalam ALLAH sumber ketenangan dan kekuatan.  

 "Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban." 2 Timotius 1:7.

Jika kita menguatkan iman kita di dalam TUHAN, maka DIA-lah yang akan memberikan kita kekuatan, keberanian, dan perlindungan. Tuhan adalah tempat perlindungan, semua orang pun mengetahuinya. Namun, ketika rasa takut melanda, kita seringkali melupakan hal ini. Mengapa? Sebab kita hanya mengandalkan ingatan kita yang terbatas. Jadi, tidak perlu heran ketika kita terlalu sering mengandalkan kekuatan atau kemampuan manusia, kita merasa tidak menemukan solusi terhadap permasalahan-permasalahan kita. Jika demikian, mengapa tidak beralih untuk kembali mempercayakan Tuhan dalam setiap langkah hidup kita?

Hal yang perlu dilakukan adalah menyerahkan seluruh hidup kita ke dalam tangan Tuhan, dan biarlah Tuhan yang mengatur seluruh gerak kehidupan kita. Jangan atur hidup kita sesuai dengan keinginan sendiri. Apa yang kita pandang baik, itu belum tentu yang Tuhan pandang baik buat kita. Banyak orang yang memupuk rasa takutnya sendiri, baik sadar atau tidak. Semakin kita mengarahkan hidup kita kepada Tuhan, semakin kita berada dalam Tuhan, Dia akan semakin berkuasa atas kita. Jadi, mari arahkan iman kita kepada Tuhan di atas ketakutan kita.

Artikel ini ditulis oleh Andy Otniel, salah satu host Solusi TV dan disadur melalui Buletin Garis Depan. Merasa terberkati dengan artikel ini? Inilah saatnya menyebarkan Kabar Baik kepada semua orang. Mari bergandengan tangan bersama kami dalam menyebarkan Kabar Baik ini dengan mendukung seluruh pelayanan kami sebagai Mitra CBN. Daftarkan diri Anda melalui formulir berikut atau SMS ke 081.5965.5960 ketik JC # Nama Lengkap # Email. Menjadi Mitra CBN artinya Anda mendukung CBN Indonesia melalui donasi rutin yang diberikan setiap bulan. Bagi Anda yang baru pertama kali bergabung menjadi Mitra CBN, jangan lupa untuk mengkonfirmasikan donasi perdana Anda dan dapatkan thank you giftnya.

Tag Keyword :
Share this article :

RELATED ARTICLE

POPULAR ARTICLE

Jalan Keluar Menghadapi Masalah Dalam Pernikahan

GET INVOLVED