BE A HISTORY MAKER

CBN STORIES

Fenomena “Fear of Missing Out” (FoMO). Apa itu?

Fenomena “Fear of Missing Out” (FoMO). Apa itu?

Views : 447 | Thu May 2nd, 2019

Dikutip dari detik.com, fenomena Fear of Missing Out atau FoMO terjadi ketika Anda membuka akun jejaring sosial lalu mengetahui teman-teman Anda tampaknya asyik membahas sesuatu dan Anda merasa sedih atau tertinggal karena tak dapat mengikuti obrolan itu, bahkan tak tahu apa yang sedang mereka bicarakan. Konsep baru ini merujuk pada kekhawatiran orang-orang jika melihat orang lain terlihat lebih bahagia dan merasakan kepuasan yang lebih besar daripada mereka. Keadaan ini biasanya ditandai dengan keinginan untuk tetap terhubung dengan media sosial secara terus-menerus, terutama untuk mengetahui apa yang orang lain lakukan.

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti, mereka menemukan bahwa orang-orang yang berusia 30 tahun ke bawah terlihat mempunyai kecenderungan paling tinggi mengalami FoMO dibandingkan kelompok usia lainnya. Lagipula kelompok ini dilaporkan paling sering menganggap media sosial sebagai salah satu hal penting bagi mereka, sehingga mereka lebih bergantung pada sarana ini sebagai bagian dari interaksi sosial, ketimbang mungkin tatap muka langsung.

Dianggap memiliki pengaruh positif, media sosial dapat menjadi pengaruh yang negatif apabila penggunanya tidak menggunakannya dengan bijak. Jika ada kerabat dan keluarga, atau bahkan Anda sendiri yang mengalami fenomena FoMO ini, jangan khawatir! Seorang psikolog bernama Arnie Kozak, Ph.D. mengatakan bahwa lihatlah bagian terbaik dari pengalaman orang lain yang mereka bagiakan melalui media sosial. Jangan menganggap bahwa kehidupan Anda membosankan karena pengalaman setiap orang tentu berbeda antara satu dengan yang lain.

"Gunakan FoMO Anda sebagai katalis untuk menciptakan target yang realistis. Anda dapat memanfaatkannya sebagai inspirasi," saran Kozak, seperti dikutip dari Emaxhealth.

Hingga hari ini CBN Indonesia terus berinovasi dan melebarkan sayapnya untuk memberitakan Kabar Baik dan konten positif melalui media. Harapan kami adalah agar media termasuk media sosial di masa yang akan datang akan menjadi sarana yang membangun generasi muda. Kami mengucapkan terima kasih kepada Anda, Mitra CBN, berkat dukungan Anda pelayanan ini boleh hadir hingga hari ini. Mari kita mengoptimalkan media untuk Indonesia yang lebih baik. Tuhan memberkati!

Tag Keyword :
Share this article :

RELATED ARTICLE

POPULAR ARTICLE

Saksikan Wajah Baru Solusi!

GET INVOLVED