BE A HISTORY MAKER

CBN STORIES

Remaja Bunuh Diri: Siapa Yang Salah?

Remaja Bunuh Diri: Siapa Yang Salah?

Views : 5849 | Mon January 26th, 2015
Apakah Anda salah satu penerima pesan berantai atau broadcast tentang kasus bunuh diri remaja? Kasus ini sempat ramai diperbincangkan karena diduga film kartun jepang atau manga adalah pemicu anak ini melakukan bunuh diri. Padahal ketika ditelisik lebih lanjut, faktor utamanya adalah kurangnya kasih sayang dari orang tua yang dirasakan sang anak.

Tingginya angka kematian yang disebabkan oleh bunuh diri adalah masalah yang serius.  Berdasarkan penjelasan Agung Kusumawardhani, dokter Departemen Psikiatri Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, bunuh diri merupakan satu dari tiga penyebab utama kematian pada kelompok umur 15 hingga 44 tahun, dan nomor dua untuk kelompok yang lebih muda yaitu, 10 hingga 24 tahun. (source: CNN Indonesia)

Kasus bunuh diri remaja ini seharusnya membuka mata banyak orang tua tentang bagaimana pola asuh mereka kepada anak-anak. “Bukan kartunnya yang kejam. Banyak orang tua tidak sadar betapa kejamnya mereka terhadap jiwa anaknya sendiri. Kasus yang kami hadapi menunjukkan besarnya tendensi anak untuk bunuh diri. Mereka mengaku merasa  tidak berharga, menyesal kenapa dilahirkan, terperangkap seperti di dalam selimut tebal, ingin kurus dan cantik dan sejuta alasan lainnya. Mereka berusia 10-14 tahun. Sebabnya? Kurang perhatian dan kasih sayang, anak-anak tak pernah didengarkan, menuntut anak menjalani pikiran dan memenuhi impian orang tua,” tutur Elly Risman, seorang psikolog anak menanggapi kasus ini.

Ya, tidak semua tayangan anak-anak memberikan dampak buruk. Poin yang paling penting dalam memberikan tayangan yang layak dikonsumsi oleh anak-anak adalah adanya pendampingan orang tua ketika anak-anak menonton. Orang tua tidak perlu banyak menjelaskan atau berkomentar banyak, namun cukup dengarkan apa yang anak-anak pelajari dari tayangan tersebut. Anak-anak yang didengarkan akan tumbuh menjadi anak-anak yang mau mendengar.

Tayangan Superbook menjawab semua pertanyaan-pertanyaan para orang tua tentang minimnya tayangan yang layak ditonton anak-anak. Tak perlu bingung apa yang harus Anda lakukan ketika mendampingi anak-anak menonton tayangan ini. DVD Superbook dilengkapi Parent Guide yang bisa menjadi aktivitas seru bersama anak-anak. Kabar baiknya adalah, jika Anda bergabung menjadi Mitra CBN hari ini, Anda bisa mendapatkan 2 buah DVD Superbook! Daftarkan diri Anda sekarang dengan mengisi form di bawah ini.

Info lengkap hubungi [email protected] atau SMS/WA ke 081.5965.5960

Tag Keyword :
Share this article :

RELATED ARTICLE

POPULAR ARTICLE

Saksikan Wajah Baru Solusi!

GET INVOLVED