CBN STORIES

Mendidik Dalam Nasihat

Mendidik Dalam Nasihat

Views : 4611 | Fri September 16th, 2016
Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengklaim kasus kekerasan pada anak yang mengalami permasalahan di internal keluarganya semakin menurun. Seperti dilansir dari bank data yang ada di website resmi KPAI, hingga September tahun 2016 ini, jumlah kasus kekerasan pada anak dalam kategori Keluarga dan Pengasuhan Alternatif menurun menjadi 571 kasus. Angka ini menurun dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 822 kasus. Walaupun mengalami penurunan, kategori Keluarga dan Pengasuhan Alternatif ini merupakan kasus terbesar kedua di Indonesia yang dialami oleh anak (sumber:  http://bankdata.kpai.go.id).

Kasus kekerasan anak dalam keluarga dapat terjadi karena kurangnya peran orang tua dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Banyak orang tua yang memiliki waktu yang sedikit untuk memperhatikan, berdialog, sharing, atau bahkan hanya untuk saling bertegur sapa. Tidak sedikit pula orang tua yang mendidik anak melalui kekerasan fisik dengan alasan “disiplin”. Orang tua seringkali tidak menyadari kebutuhan psikologis anak yang sama pentingnya dengan memenuhi kebutuhan hidup. Komunikasi secara reguler dengan anak sangat penting dan harus dilakukan tanpa terkecuali. Hal ini akan membuat anak merasa orang tua memiliki kepedulian dan minat dalam hidup mereka sehari-hari. Anak-anak senang diperhatikan dan bukan diabaikan. Bahkan Tuhan mengajarkan “Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan” (Efesus 6:4).

Ibu Septiani adalah ibu yang selalu mengajarkan Eirene, putrinya, melalui ajaran dan nasihat Tuhan. Melalui Superbook, Ibu Septiani beserta suami selalu mendampingi dan menjelaskan tentang cerita dan pesan Firman Tuhan kepada Eirene. Seiring bertambahnya usia, Eirene selalu diajari untuk berdoa serta taat kepada Tuhan dan orang tua. Eirene diajarkan untuk tetap bertumbuh dan berkembang bersama dengan Tuhan. Di usianya yang genap 3 tahun, Ibu Septiani selalu mengajak anaknya untuk terus menonton Superbook dan semua episode Superbook yang sudah pernah ditonton. Melalui episode “Sepuluh Perintah” Superbook, Eirene mampu menghafal 10 perintah Tuhan dalam waktu 5 hari. Bersyukur Ibu Septiani merasa lebih mudah membimbing Eirene dengan bantuan Superbook.

Mendidik anak “dalam ajaran dan nasihat Tuhan” dilakukan dalam kasih. Seorang anak yang sejak dini sudah mengenal Allah, maka kelak ketika ia sudah dewasa, hidupnya akan selaras dengan firman Tuhan. Amsal 22:6 mengajarkan, "Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu". Jadi, Anda sebagai orang tua jangan takut atau cemas dengan kehidupan anak-anak Anda kelak. Jika Anda sudah mengajarkan firman Tuhan kepada anak-anak secara berulang-ulang (Ulangan 6:6-7), percayalah bahwa Firman Tuhan itu tidak akan pernah sia-sia. Anak akan hidup di dalam terang Firman Tuhan dan Firman itu akan menuntun langkah hidupnya.Anda juga dapat mendidik anak-anak Indonesia “dalam ajaran dan nasihat Tuhan” melalui
Superbook

Tidak semua keluarga beruntung bisa memiliki DVD Superbook dan mengajarkan Firman Tuhan kepada anak-anak mereka. Karenanya, sejak awal tahun 2016 ini, CBN meluncurkan Sekolah Minggu Superbook, menyediakan kurikulum Sekolah Minggu berbasis media yang menarik untuk generasi anak bisa mengenal dan mencintai Firman Tuhan. CBN tidak menjual Kurikulum Sekolah Minggu Superbook dan menyediakannya untuk semua gereja yang memiliki komitmen yang sama untuk memuridkan generasi digital. Bagaimana Anda bisa mendukung proyek ini?

Bergabunglah bersama kami dan menjangkau dan memuridkan anak-anak Indonesia dengan berdonasi sebagai Mitra CBN melalui form di bawah ini atau SMS ke 081.5965.5960. Ketik: JC # Nama Lengkap # Email. Lakukanlah bagian kita dan percayakanlah kepadaNya untuk melakukan bagian-Nya. Donasi anda akan tersalurkan untuk pengembangan proyek Sekolah Minggu Superbook hingga ke seluruh Indonesia dan juga mendukung program CBN lainnya. Mari bersama-sama mendidik anak dalam ajaran dan nasihat Tuhan. Special gift akan diberikan bagi Anda yang pertama kali menjadi Mitra CBN sehingga setiap pemberian Anda akan kembali menjadi berkat bagi anak-anak di seluruh Indonesia.
Tag Keyword :
Share this article :

MONTHLY DONATION

ONE TIME DONATION

RELATED ARTICLE

POPULAR ARTICLE

CBN Gelar Special Christmas at Home Bagi Mitra CBN

GET INVOLVED

Ikuti Kami