BE A HISTORY MAKER

CBN STORIES

Membuat Perencanaan Keuangan di Tahun yang Baru

Membuat Perencanaan Keuangan di Tahun yang Baru

Views : 829 | Mon January 8th, 2018

Pergantian tahun adalah momen istimewa untuk memperbaharui diri. ‘Tahun baru, diri baru’ seperti itulah kira-kira istilah yang seringkali digaungkan oleh banyak orang dalam hal apapun, termasuk mengelola keuangan. Libur Natal dan akhir tahun yang cukup panjang, bukan tidak mungkin melelahkan kantong Anda. Sekaranglah saatnya, Anda siapkan secarik kertas dan pena untuk memperbaharui perencanaan keuangan Anda sembari menyongsong tahun yang baru.

1.       Membayar hutang

Berhati-hatilah terlena dengan liburan panjang yang menyenangkan, hingga Anda lupa untuk memeriksa rekening pribadi atau sisa bonus THR Anda. Jangan sampai ketika libur usai, Anda terpaksa harus menyapa kembali hutang-hutang Anda. Alangkah lebih bijaksana jika Anda membayar terlebih dahulu hutang-hutang tersebut, lalu menikmati akhir tahun dan awal tahun dengan rencana yang baru.

 

2.       Menyiapkan hadiah untuk diri sendiri

Diri Anda pun memerlukan sebuah apresiasi. Anda bisa saja membeli sebuah pakaian dengan tema yang telah disesuaikan dengan tema yang Anda buat sendiri, di tahun yang baru. Atau melakukan sebuah perjalanan untuk menciptakan momen pertama di tahun yang baru semakin berkesan. Ini bisa menjadi sebuah motivasi khusus untuk Anda semakin bersemangat menjalani tahun yang baru.

 

3.       Sisihkan modal untuk investasi

Rencanakanlah sebuah investasi guna menunjang kesehatan keuangan Anda di masa yang akan datang. Dengan berinvestasi, Anda turut memberkati pekerjaan orang lain melalui keputusan Anda. Namun, Anda tetap harus waspada dan berhati-hati dalam memilih objek investasi Anda. Jangan sampai modal tersebut diberikan kepada investasi bodong.

 

4.       Sisihkan modal untuk tabungan

Serupa tapi tak sama dengan investasi. Akan jauh lebih baik jika di awal tahun, Anda telah menyisihkan sebagian penghasilan Anda untuk berinvestasi dan sebagian lainnya untuk menabung. Perbedaan menabung dengan investasi yang cukup jelas, yaitu profit dan kebutuhan, dimana menabung berarti menyimpan sebagian harta yang Anda miliki. Sedangkan berinvestasi berarti mengusahakan berkat yang didapat untuk mendukung usaha orang lain. Baik menabung maupun investasi menjadi penting dilakukan, sebab tidak ada yang pasti di dunia ini.

 

5.       Bederma

Kata unik ini memiliki arti bermurah hati, atau dengan kata lain melakukan donasi. Setelah Anda menyisihkan banyak hal di dalam perencanaan keuangan Anda, tentu Anda akan merasa tenang menjalani rencana tersebut. Namun, pernahkah Anda mencoba menyisihkan sebagian penghasilan Anda untuk bederma? Sebuah kedamaian dan kepuasan batin, yang tidak pernah bisa digambarkan akan muncul dari dalam diri ketika Anda bederma.

Banyak orang yang menuliskan di dalam daftar resolusinya sebagai daftar resolusi yang tertunda. Maksudnya adalah beberapa daftar tersebut merupakan daftar yang sama dengan tahun sebelumnya, namun masih belum tercapai. Faktor utama penyebabnya adalah kebiasaan untuk menunda-nunda. Anda tentu tidak mau mengalami kekacauan dalam perencanaan keuangan Anda bukan? Mari praktekan kelima hal di atas, demi memiliki keuangan yang sehat di tahun yang baru. Spesial untuk membantu Anda melakukan rencana yang kelima, kami mengajak Anda untuk bederma di dalam pelayanan kami sebagai Mitra CBN. Daftarkan data diri Anda melalui SMS ke 081.5965.5960 dengan format JC # Nama Lengkap # Email atau dengan mengisi formulir menjadi Mitra baru pada kolom di bawah artikel ini. Mari bergabung, dan jangan menunda lagi!

Tag Keyword :
Share this article :

FORM MITRA CBN

Donasi Anda turut memastikan program-program TV CBN terus ditayangkan dan layanan Konseling Center CBN 24 jam bisa terus tersedia bagi mereka yang membutuhkan. Melalui dukungan donasi, Anda telah ikut membawa kabar baik ke seluruh penjuru negeri.

FACEBOOK
TWITTER
LAIN-LAIN
ARTIKEL
TELEVISI
FACEBOOK
TWITTER
LAIN-LAIN
ARTIKEL
TELEVISI

FORM MITRA CBN

Donasi Anda turut memastikan program-program TV CBN terus ditayangkan dan layanan Konseling Center CBN 24 jam bisa terus tersedia bagi mereka yang membutuhkan. Melalui dukungan donasi, Anda telah ikut membawa kabar baik ke seluruh penjuru negeri.

FACEBOOK
TWITTER
LAIN-LAIN
ARTIKEL
TELEVISI
FACEBOOK
TWITTER
LAIN-LAIN
ARTIKEL
TELEVISI

RELATED ARTICLE

POPULAR ARTICLE

Dua kali Selamat dari Maut

GET INVOLVED