CBN STORIES

Fakta-fakta Tentang Anak Sesuai Usia Mereka

Fakta-fakta Tentang Anak Sesuai Usia Mereka

Views : 6049 | Tue November 25th, 2014

Sering kita menemukan anak-anak yang berpikir bahwa orang tua mereka lebih sayang kepada kakak atau adik mereka. Karena itu banyak orang tua yang kemudian memperlakukan hal yang sama ke masing-masing anak mereka. Padahal beda usia, beda pula perlakuannya. Berikut adalah masa-masa berharga yang perlu diketahui oleh setiap orang tua tentang perkembangan anak sesuai usia mereka.

7 tahun pertama (0-7 tahun)
Perlakukan anak seperti raja, sediakan semua kebutuhan dasarnya. Ini adalah Zona Merah, yaitu saat dimana Anda memperkenalkan hal yang boleh dan tidak boleh. Tapi ingat jangan sering marah-marah, jangan banyak larangan. Pahamilah bahwa usia tersebut, yang berkembang adalah otak kanannya.

 7 tahun kedua (7-14 tahun)
Ini adalah zona kuning - zona hati-hati dan waspada. Latih anak-anak mandiri untuk mengurus dirinya sendiri, mencuci piring, merapikan  pakaian. Banyak pelajaran berharga dalam kemandirian yang bermanfaat bagi masa depannya.

 7 tahun ketiga (14-21 tahun)
Perlakukan anak seperti sahabat. Di zona hijau ini anak sudah bisa berjalan sendiri dan dilepas untuk mandiri. Mereka sudah bisa dilepas sebagai duta keluarga.

 7 tahun keempat (21-28 tahun)
Perlakukan anak sebagai pemimpin. Ini adalah zona biru dimana mereka sudah siap terbang. Siapkan anak untuk memasuki kehidupan pernikahan.

Berikut adalah beberapa cara berkomunikasi yang efektif dengan anak:
1. Merangkul pundak anak sambil ditepuk lembut.
2. Sambil mengelus tulang punggung anak hingga ke tulang ekor.
3. Sambil mengusap kepala.

Melalui sentuhan, ada gelombang kasih sayang yang disampaikan ke otak anak

(Source: Family Guide)

Seni berkomunikasi dengan anak memang tidak mudah, namun bisa dipelajari dan dibiasakan. Salah satu aktivitas bersama anak yang bisa menjadi kesempatan Anda untuk berkomunikasi dengan mereka adalah menonton bersama tayangan animasi 3D Superbook bersama. Film Superbook mengajarkan karakter Kristus lewat petualangan seru bersama robot Gizmo dan tokoh-tokoh Alkitab. Dilengkapi dengan Parent Guide, Anda bisa menjalin komunikasi sekaligus mengajak anak-anak mencintai Firman Tuhan dengan cara yang menyenangkan.

Miliki Paket DVD Superbook special Natal ini dengan menjadi Mitra CBN. Info lengkap tentang Mitra CBN dapat Anda lihat disini. Isi form di bawah ini atau SMS/Whatsapp ke 081.5965.5960. Kami tunggu keputusan Anda menjadi Mitra CBN!

<!--[endif]-->-->
Tag Keyword :
Share this article :

MONTHLY DONATION

ONE TIME DONATION

RELATED ARTICLE

POPULAR ARTICLE

CBN Gelar Special Christmas at Home Bagi Mitra CBN

GET INVOLVED

Ikuti Kami